Minggu, 11 Oktober 2015

Trip Aceh Part 1


HALO PECINTA INDONESIA!

Sudah lama gak update nih blog, sibuk kerja yang sebenernya nulis juga dan sibuk nyari mood-nya hahahaha....

Maret 2015 yang bertepatan dengan ultah gw, gw mutusin pergi ke ujung Sumatera
Dan gw mau ngerayain ultah gw dengan cara yang beda. perayaan tahun kelahiran kali ini gw rayain sama nyokap yang telah memberi gw hidup dan kelahiran so.... harusnya kepada dia lah kita harus terima kasih, setelah Tuhan tentunya.

Jadi waktu ke Aceh ini gw beli tiket promo di Garuda Fair dengan harga PP kurang lebih sejuta aja.
Garuda, seperti biasa nyaman dan makanan enak. Semua makanan yang dikasi pasti habis hahaha....
Sebelum mendarat, sempat deg-degan karena gelap dan banyak turbulensi. Dan kita terbang pasca-Air Asia jatuh.

 Jadi makin cemas dan nyokap rada lebai gitu bikin gw yang sebenernya biasa terbang makin deg-degan dan keringet dingin apalagi saat masuk awan yang hitam banget, udah beragam doa dipanjatkan deh.
Alhamdulillah, safe flight. Selepas mendarat gw langsung dijemput polisi. Oke gw bukan penjahat,tapi gw gunain relasi gw yang seorang atase polisi buat dampingin gw di Aceh sekaligus cari-cari berita siapa tau ada yang menarik. Tapi baru beberapa menit duduk di samping bawahan polisi gw udah gak nyaman karena niat awal kita emang liburan dan gak enak aja klo nyuruh-nyuruh dia anterin kita kemana-mana hahaha


Kuburan massal Siron
Gw ribet tanya-tanya sama polisi yang udah bertugas bertahun2 tapi gak tahu dimana kuburan massal ini, ternyata emang kuburan masal banyak di Aceh pasca-bencana Tsunami.

Gw pikir makamnya seheboh apa gitu, ternyata hanya lapangan biasa dengan gerbang besar di depannya dan ya lumayan sepi jadi gw gak lama-lama di sana cuma numpang foto aja. 

Pemakaman massal Siron

Masjid Baiturahman 

Masjid fenomenal sekaligus bersejarah ini lumayan membuat hati bergetar. Masuk ke sana, disambut dengan dinginnya lantai masjid. Biasa pasti tergoda tidur. Tapi memang di antara masjid yang pernah gw datangin, masjid ini yang paling ada rohnya.

Lantunan bacaan kitab suci sudah terdengar, di sisi lain beberapa anak-anak belajar mengaji. Kami salat azhar-zuhur di sana. Saat sujud terkenang kalau di lantai ini dulu ribuan mayat disalatkan.
baru selesai salat, azan terdengar dan tau gak, kita salah salat. meski sudah jam 4 (kalau di Jakarta udah masuk azhar) ternyata di sana baru masuk waktu azhar. 

Gw sama nyokap ketawa-tawa karena kita salah waktu dan baru tau waktu Aceh itu meski sama dengan Jakarta tapi secara konteks beda. hahaha

Kita ngulang lagi salatnya hahaha.... tapi kali ini jamaah. saat mau salat anak-anak yang tadi mengaji berbaris di belakang sementara guru-gurunya sibuk mengatur dan mengawasi sepanjang mereka salat. macam praktek salat gitu. Di sini juga banyak tukang foto sampai polisi syariah yang suka ngomel pake bahasa Aceh kalau pakaian kita enggak pantes. Termasuk gw pernah kena omel juga, hahaha. Jadi gunakan pakaian syar'i okeeeee...

Masjid Baiturahman
 
Hotel Prapat

Habis salat dan foto kita ke hotel, gw sama nyokap nginep di hotel Prapat  yang dari luar kesannya angker tapi lokasi strategis kemana-mana. di depannya ada banyak penjaja kuliner sekaligus oleh-oleh. jadi kalau mau makan tinggal jalan, deket juga sama pasar. tapi harga hotel ini lumayan mahal. gw dipesenin hotel yg harganya 250 ribu per kamar yang itu menurut gw gak terlalu nyaman. gw kalau bayar sendiri ogah deh bayar 250 untuk hotel yang gak terlalu nyaman. gak dapat sarapan, TV kecil, gak ada air panas dan rada tua bikin parno.

Yang punya hotel ini Chinese dan lumayan baik sih. Sebelum ke Aceh banyak yang bilang kalau dulu beberapa hotel pernah kena tsunami dan banyak yang mati di dalamnya.

Ketemu teman2 di Aceh mereka akan slalu tanya kita nginep dimana, dalam konteks tanya ini gw yakin mereka mau mastiin kita tinggal di hotel yang gak serem. Setelah usut punya usut Hotel Medan, hotel di sebelah hotel Prapat persis pernah jadi primadona saat Tsunami lantaran perahu pernah masuk ke hotel tersebut. Yaaaa.... lumayan bikin merinding dan bikin semaleman gak bisa tidur gegara parno. 



Warung Kopi Banda Aceh 

Di Hotel gw bersih-bersih dan langsung ninggalin nyokap di hotel buat hangout bareng teman-teman wartawan di Aceh. Dibawalah gw ke tempat nongkrong mereka di warung kopi Aceh. lagi-lagi gw cewe sendiri ya, sudah biasa lah.

Gw nyobain kopi rekomendasi teman-teman wartawan, beuh.... kentel banget dan pait. Gw termasuk lumayan konsumsi kopi meski biasa yang banyak krim hahaha. Mereka bilang kopi ini levelnya enggak tinggi-tinggi amet tapi tetep pahit dan diminumnya dengan gula jawa terpisah. jadi lumayan beda konsumsinya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar