Jumat, 08 April 2016

Di hutan apa sebenarnya Tarzan tinggal?


Hutan apa yang terluas di dunia?
Hutan Borneo atau Kalimantan dilaporkan mempunyai lebih dari 15.000 spesies flora dan lebih 1.400 spesies fauna di antaranya amfibi, ikan, mamalia dan lain-lain. tetapi ada hutan yang lebih besar dari hutan Borneo yaitu hutan Amazon dan hutan Kongo.

Hutan Amazon adalah hutan yang terletak di Amerika Selatan. Luasnya mencapai 5.500.000 km2. diperkirakan Hutan ini memproduksi lebih dari 20 persen oksigen di dunia. Kemudian tumbuhan yang hidup di hutan Amazon jika gabungkan beratnya mencapai 90.790 ton.

Hutan Amazon
Hutan kedua terbesar hutan Kongo terletak di bagian barat tengah benua Afrika, mempunyai luas sekitar 2.300.000km2. lebih dari 70 persen tumbuhan mendominasi hutan Kongo di antaranya lebih 600 spesies pohon, 10.000 spesies hewan tinggal di sana. Hutan ini dikenal sebagai tempat tinggal Tarzan dan beberapa tokoh budaya lainnya terlebih lagi hutan ini juga dikenal sebagai asal hewan-hewan menakjubkan yang dibawa ke Eropa.
Hutan Kongo

Salah satu penghuni hutan yang paling ditakuti adalah buaya. Yuk kenal lebih dekat dengan reptil yang satu ini. Ada beberapa buaya jenis buaya di antaranya,

A. Buaya ikan
 Tomistoma schlegelii atau buaya ikan adalah reptil yang tinggal di sungai-sungai jernih Indonesia, Malaysia, Vietnam dan lain-lain. bentuk mocongnya mirip dengan buaya gavial yang runcing dan tajam namun hewan ini termasuk ke dalam kelas crocodile. Oleh karena itu dalam bahasa Inggris buaya ini sering disebut dengan false gavial atau gavial palsu.

Betinanya bertelur dan mempunyai panjang sekitar 2-3 m. Biasanya bertelur dari 30 butir hingga 60 butir. Berbeda dari reptil dan buaya yang lain, hewan ini mengumpulkan terlurnya di sarang namun tidak menjaganya. 
Buaya Ikan


Kebiasaan makan hewan ini sama dengan buaya gavial yang hanya memakan ikan dan hewan vetebrata. Namun buaya ikan sekarang ini tidak hanya memakan ikan, krustasea, serangga yang ada di dalam sungai tapi juga bisa memakan monyet, rusa, kalelawar dan lain-lain.

B.  Buaya Gavial India
Dahulu buaya gavial India termasuk ke dalam I kelas dan 1 genus reptil crocodilian. Reptil ini sering ditemukan di sungai Indus, sungai gangga dan sungai lain yang semacamnya maka reptil ini sering disebut dengan gavial gangga (gangges gavial).
 
Buaya Gavial India
Reptil ini mempunyai ciri khas yaitu moncongnya yang runcing dan lancip disertai gigi yang tajam. Pada jantan moncong depannya terdapat tonjolan. Dibanding dengan pergerakan badannya, pergerakan moncongnya sangat cepat. Walau badannya besar namun karena reptil ini penakut sehingga sering menghindari mansuia dan mamalia yang lainnya. Reptil ini menggunakan rahangnya untk menangkap ikan juga hewan-hewan yang hidup di air. Di dalam kepercayaan agama Hindu India hewan ini dipercaya sebagai pelindung.

Hewan ini menelurkan telurnya di berbagai tempat seperti di rerumputan, pasir dan lain-lain dan bisa bertelur sebanyak 40-90 butir. Satu waktu hewan ini terancam punah akibat perburuan liar namun sekarang telah digalakkan perlindungan sehingga jumlahnya semakin bertambah.

Sumber : Komik Survivor
Penulis : comicom, Ryu Gi Yeong

Gambar : Nemo
Penerbit : Comicom
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar